Tertibkan Dosen dan Mahasiswa dengan Presensi Fingerprint

sistem fingerprint (pemindaian sidik jari)
foto: google.com

Makassar, identitasunhas.com- Di awal Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unhas mulai menerapkan presensi cerdas fingerprint. Sebuah mesin yang di desain untuk memenuhi kebutuhan data yang cepat dengan menggunakan verifikasi sidik jari.  Untuk sementara, mesin presensi fingerprint hanya akan diterapkan di tiga kelas internasional, dan bertahap akan diterapkan juga di kelas reguler.

Prof Dr Gagaring Pagalung MS CA selaku Dekan FEB, menyatakan alasan penggunaan alat ini yakni untuk menertibkan mahasiswa yang sering bolos dan suka titib tanda tangan kehadiran kuliah, serta dosen yang kadang malas mengajar.

“Peralihan dari presensi manual ke fingerprint menjadi salah satu program kerja saya sebagai dekan di FEB. Sistem tersebut diterapkan untuk mendorong mahasiswa dan dosen berperilaku jujur,” ujar Gagaring, Rabu (3/1).

Namun di awal waktu penerapannya, Gagaring memprediksi masih akan ada hambatan dalam penggunaan fingerprint. “Kemungkinan penerapan sistem ini, akan banyak mendatangkan protes dari dosen yang malas masuk mengajar,” tambahnya.

 

Ann/Irn

Tags: