Rayakan Tahun Baru dengan Transplantasi Karang

Kegiatan tranplantasi karang oleh FDC Unhas. Foto: Dok. FDC

Kegiatan tranplantasi karang oleh FDC Unhas.
Foto: Dok. FDC

Makassar, identitasunhas.com- Jika banyak yang merayakan tahun baru dengan berkumpul bersama keluarga ataupun berpesta kembang api, lain halnya dengan sekelompok mahasiswa dari Fisheries Diving Club (FDC) Universitas Hasanuddin.

Mereka merayakannya dengan aksi nyata, yakni transplantasi karang di Pulau Bontosua, Kecamatan Liukang Tumpabiring, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Aksi ini dilakukan sebagai upaya restorasi terhadap ekosistem pesisir yang mengalami degradasi.

Dipromotori oleh CV Development Consultant (DECO), kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, Kamis-Sabtu (29/12/2016-1/1/2017) dengan tema “One Coral For a Million Life”.

Adapun item kegiatannya meliputi mobilisasi peserta dan pelaksana, media transplantasi, pembukaan kegiatan sekaligus sosialisasi, penurunan media, serta penanaman bibit karang.

Berbagai elemen masyarakat turut hadir dalam acara pembukaan kegiatan ini. Pun dengan Rusdi, Amd selaku Kepala Desa yang menyampaikan apresiasinya pada Mahasiswa Perikanan Unhas karena telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Dengan harapan yang tinggi, semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan dan seluruh lapisan masyarakat dapat ikut serta dan berpartisipasi aktif di seluruh rangkaian pelaksanaannya,” ujar Rusdi dalam sambutannya.

Ketua Umum FDC Unhas periode 2016-2017, Muhammad Ikbal pun turut menyampaikan harapannya.

“Semoga kegiatan restorasi ini dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan serta terkhusus bagi masyarakat dan nelayan Pulau Bontosua.

 

Citizen Reporter

Fadhli Insani Ihsan/Irmayana

Tags: