Kembangkan Sistem Logistik UMKM, UPKB Unhas Gandeng Pos Indonesia

pos dan wr 4 lagi

WR IV Universitas Hasanuddin, Direktur UPKB Unhas, dan Kepala Kantor Pos cabang Makassar dan Manager Outlet Pt Pos di Lantai 6 Gedung Rektorat Unhas, Selasa (8/3). Foto: Rudiyantoro

 

Makassar, identitasunhas.com- Permasalahan tingginya biaya logistik bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya di Kawasan Timur Indonesia menjadi perhatian bagi Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Bisnis (UPKB) Unhas. “Biaya logistik yang tinggi akan menjadikan harga barang juga semakin mahal, kan tidak efisien dan merugikan pelaku usaha serta konsumen,” ungkap A M Nur Bau Massepe, selaku Kepala Divisi Networking UPKB Unhas, Selasa (8/3).

UPKB Unhas sendiri adalah unit yang bertugas sebagai inkubator dan pengembang bisnis, bagi mahasiswa dan alumni yang bertujuan menciptakan basis pengusaha yang tangguh dan inovatif. Bersama PT Pos Indonesia,unit ini akan melakukan penjajakan kerjasama. Demi mengembangkan sistem logistik, yang dapat membantu para mahasiswa program wirausaha dan pelaku UMKM yang menjadi binaan UPKB Unhas. Selain itu, juga ditujukan untuk membantu percepatan distribusi barang. Sehingga konsumen lebih mudah mendapatkan barang-barang dari pelaku UMKM dari UPKB UNHAS, dengan biaya yang murah.

“PT Pos Indonesia merupakan BUMN yang memiliki kapabilitas dalam hal logistik di tanah air, jadi sepantasnya lah kita bersinergi bersama mereka,”kata Direktur UPKB Unhas, Dr Ir Mardiana E Fachry, MSi.

Tia Proklamasiany selaku Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cabang Makassar, pun menambahkan bahwa PT Pos Indonesia, selain akan mengurusi masalah pengiriman dan pengemasan barang. Juga akan menyiapkan sistem kerja sama dengan salah satu Bank BUMN, untuk memudahkan proses pembayaran.

Citizen Reporter

Rudiyantoro (Marcom UPKB Unhas)/Riyami

 

Tags: