HMK Helat Chemistry Smart Challenge 2017

1488599173124.jpgidentitasunhas.com, Makassar – Mengangkat tema “Menumbuhkan Semangat Kimiawan dalam Akselerasi Perkembangan IPTEKS Menuju Indonesia Mandiri”, Himpunan Mahasiswa Kimia (HMK) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  (FMIPA) Unhas adakan Chemistry Smart Challenge (CSC) 2017. Di Baruga AP Pettarani Unhas, Sabtu (4/3).

Mahasiswa Kimia yang tergabung dalam HMK memandang bahwa, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia khususnya Kimia terus terjadi. Sehingga dengan adanya perpaduan Ilmu Kimia dan teknologi akan memberikan dampak besar kedepannya. Menurut Ketua Umum Badan Eksekutif HMK, Ricky mengatakan melalui CSC akan ditingkatkan pengetahuan tentang Kimia dan menjalin hubungan baik dengan seluruh komponen pendidikan di Indonesia, Khususnya lingkup Ilmu Kimia. “Melalui CSC ini pula, kami harapkan bisa menyampaikan dan memahamkan kondisi tersebut,” kata mahasiswa angkatan 2014 ini, Sabtu (4/3).

Kompetisi kimia ini digelar pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Indonesia dan pada tingkatan Sekolah Menengah Pertama se-Sulawesi. Memperebutkan hadiah jutaan rupiah dan piala bergilir Rektor Unhas, kategori SMA terbagai atas beberapa item lomba seperti Kimia Organik, Kimia Fisika, Kimia Anorganik, Kimia Analitik, Cepat Tepat Kimia, Sistem Periodik unsur, Visualisasi, Remach dan Nomenklatur.

Sementara untuk kategori SMP terbagi menjadi Cabang Umum, Cepat Tepat Kimia, Sistem Periodik Unsur dan Remach. Pukul setengah sembilan pembukaan CSC ini dimulai, hadir Direktur Kemahasiswaan Unhas, Prof Supratman yang membuka acara secara resmi, Dekan FMIPA Dr Eng Amiruddin, hadir pula Dr Andi Ilham Latunra MSi selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua Departemen Kimia, Dr Indah Raya MSc dan dosen-dosen Kimia serta Ketua Badan Eksekutif mahasiswa tingkat departemen dan fakultas.

Dalam Sambutannya, Dekan FMIPA memperkenalkan fakultasnya, mulai dari program studi yang ada dan menyampaikan jika juara lomba CSC ini dapat lulus jalur Prestasi Olahraga Seni dan Keilmuan (POSK) di Unhas khususnya di Departemen Kimia. “Juara lomba CSC ini dapat lulus di Departemen Kimia Unhas melalui jalur POSK, jika memprioritaskan Kimia di pilihan pertama,” Kata Dosen Fisika ini, Sabtu (4/3).

Muhammad Abdul

Tags: