Sekolah Hilir di Pulau Lakkang

Foto bersama mahasiswa Himbio dan siswa SDN Lakkang
Foto: Dok. Himbio

Makassar, identitasunhas.com– Sejak 19 November 2016 lalu, Himpunan Mahasiswa Biologi (Himbio) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unhas yang diwakili oleh bidang Hubungan Masyarakat (Humas) mulai mengajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lakkang, di Pulau Lakkang, Kecamatan Tallo, Makassar.

Kegiatan yang bernama Sekolah Hilir (Himbio Literasi) ini, diadakan setiap hari Sabtu. Digelar sekali dalam dua pekan, kegiatan ini menjadi bentuk upaya dalam mewujudkan kembali peran mahasiswa biologi dalam meningkatkan kemampuan diri dan terlibat secara langsung melalui proses interaksi pendidikan.

Sesuai dengan temanya “Back to Nature For Better Education”, bentuk pengajaran yang diberikan kepada siswa SDN Lakkang berbasis Adiwiyata, yakni mengajak siswa untuk lebih banyak beraktivitas di luar ruangan.

Para siswa diajarkan untuk dapat mengetahui pentingnya kebersihan lingkungan dan kebersihan diri sejak dini. Selain itu, mereka juga diajarkan untuk dapat mengolah sampah anorganik, mengetahui tumbuhan sekitar yang dapat dimanfaatkan. Tak lupa, outbound pun dijadikan sebagai ajang permainan untuk mengakhiri kegiatan ini.

Syahrul Gunawan selaku ketua panitia mengharapkan panitia mampu mengajar para siswa dengan baik.

“Semoga para siswa SDN Lakkang ini dapat memiliki wawasan terbuka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Harapan kami yang lain,  kegiatan yang kami laksanakan ini mampu menyadarkan para dermawan, untuk membantu mereka agar dapat melanjutkan pendidikan,” tutur Syahrul mengakhiri wawancara, Selasa (3/1).

Muhammad Abdul/Irmayana

 

Rate this article!
Tags: