AMDA Indonesia Kirim Tim Medis ke Bima

Makassar, identitasunhas.com- Association Medical Doctor of Asia (AMDA) Indonesia, mengirim tim medis ke lokasi banjir bandang di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (28/12/2016). Sedianya, tim menuju Bima, Selasa (27/12). Namun tidak memperoleh tiket penerbangan. Akibat padatnya penumpang penerbangan langsung Makassar-Bima, pasca bencana banjir bandang 21 dan 23 Desember lalu.

President AMDA Indonesia Prof dr A Husni Tanra, PhD, SpAn, ketika bertemu dengan tim yang terdiri dari dr Indra Sukmana Putra, dr Hendra Salim, dan Muh.Adri Alifwan, SKed, dan M Dahlan Abubakar selaku pendamping tim  di RSUP Wahidin Sudirohusodo, Selasa pagi meminta kepada tim agar memberikan pelayanan secara ikhlas.

‘’Kalau kita melakukan pekerjaan dengan ikhlas, Tuhan tidak pernah buta melihat kebaikan hamba-Nya,’’ kata Prof A Husni Tanra.

Mantan Direktur Program Pascasarjana Unhas itu menekankan, tim hendaknya harus aktif mencari warga yang perlu memperoleh bantuan. Harus mencari pekerjaan, jangan menunggu pekerjaan datang.

Tim juga membawa obat-obatan yang diperlukan di lokasi bencana. Laporan yang diperoleh dari Bima menyebutkan, pasca bencana banjir bandang, warga banyak menderita  penyakit gatal-gatal dan juga diare.

Berdasarkan catatan dari Posko Bencana Banjir Bima, jumlah warga yang diungsikan akibat bencana ini mencapai 104.000 jiwa lebih. Kota Bima saat ini dilanda tumpukan sampah bekas yang dititip banjir. Warga juga berkutat membersihkan rumah mereka yang dipenuhi lumpur.

Wali Kota Bima H.Quraisy H.Abidin ketika dihubungi, Ahad (25/12) menjelaskan, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek diagendakan akan berkunjung ke Bima, Selasa ini.(*).

M Dahlan Abubakar

 

Tags: